Jumat, 29 Februari 2008

arti seorang teman

Arti seorang teman

Teman adalah hadiah dari Tuhan buat kita. Seperti hadiah , ada yang bungkusnya bagus dan jelek. Yang bungkusnya bagus punya wajah rupawan/ kepribadian yang menawan. Yang bungkusnya jelek punya wajah biasa saja/ kepribadian yang biasa saja/ malah menjengkelkan. Seperti hadiah, ada yang isinya bagus dan jelek. Yang isinya bagus punya jiwa yang begitu indah sehingga kita terpukau ketika berbagi rasa dengannya, bahkan ketika kita tahan menghabiskan waktu berjam-jam saling bercerita, dan menghibur, menangis dan tertawa bersama. Kita mencintai dia dan dia mencintai kita. Yang isinya buruk punya jiwa yang terluka, begitu dalam luka-lukanya sehingga jiwanya tidak mampu lagi mencintai, justru karena ia tidak merasakan cinta dalam hidupnya. Sayangnya yang kita tangkap darinya sering kali justru sikap penolakkan, dendam, kebencian, iri hati, kesombongan, amarah, dll. Kita tidak suka dengan jiwa-jiwa semacam ini dan mencoba menghindar dari mereka. Kita tidak tahu bahwa itu semua bukanlah karena mereka pada dasarnya buruk, tetapi ketidakmampuan jiwanya memberikan cinta karena justruia membutuhkan cinta kita, membutuhkan empati kita, kesabaran dan keberanian kita untuk mendengarkan luka-luka terdalam yang memasung jiwanya. Bagaimana bisa kita mengharapkan seseorang yang terluka kakinya berlari bersama kita? Bagaimana bisa kita mengajak orang yang takut air berenang bersama kita? Luka dikakinya dan ketakutan akan airlah yang mesti disembuhkan, bukan mencaci mereka karena mereka tidak mau berlari/ berenang bersama kita. Mereka tidak bilang bahwa kaki mereka luka/ mereka takut air. Mereka akan bilang bahwa mereka tidak suka air atau berenang membosankan, dll. Itulah cara mereka mempertahankan diri.

Mereka semua hadiah buat kita, entah bungkusnya bagus/jelek, entah isinya bagus/jelek. Dan jangan ketipu oleh kemasan. Hanya ketika kita bertemu jiwa dengan jiwa, kita tahu hadiah sesungguhnya yang sudah disiapkan-NYA buat kita. Berikanlah makna didalam kehidupan anda bukan hanya untuk diri pribadi saja melainkan juga untuk membahagiakan sesama manusia di adlam lingkungan kehidupan anda. Berikanlah waktu anda dengan digabung oleh rasa kasih. Untuk mengetahui nilainya waktu satu tahun, tanyakanlah kepada mahasiswa yang tidak lulus. Untuk mengetahui nilainya waktu satu bulan tanyalah kepada ibu yang melahirkan bayi premature. “YESTERDAY IS HISTORY, TOMORROW IS MYSTERY, TODAY IS A GIFT. THAT’S WHY IT’S CALLED THE PRESENT”

Seorang sahabat sejati sama seperti permata yang tidak ternilai harganya. Seorang kawan bisa membuat kita ceria, membuat kita terhibur. Mereka meminjamkan kupingnya kepada kita pada saat kita membutuhkannya, maka dari itu janganlah buang waktu yang anda miliki, jangan sia-sia kan waktu yang sedemikian berharganya. Bagikanlah sebagian dari waktu yang anda miliki untuk seorang kawan. Pasti waktu yang anda berikan tersebut akan berbalik lagi seperti juga 1 lingkaran walaupun terkadang kita tidak tahu darimana dan dari siapa datangnya.

Tidak ada komentar: