Jumat, 29 Februari 2008

LoVe

Tentang pacaran


Segala macam hubungan antara manusia itu mirip pasir dalam genggamanmu. Jika berada pada telapak tangan yang terbuka, pasir itu akan tetap pada tempatnya. Namun, jika kau kepalkan tanganmu erat-erat untuk mempertahankannya, pasir itu akan menyembur melalui sela-sela jarimu. Mungkin ada yang tersisa dalam tanganmu, tapi kebanyakan akan jatuh. Pacaran adalah seperti itu, jika dipertahankan dengan longgar, dengan menghormati dan membebaskan orang lain, hubungan cinta itu akan tetap utuh. Tapi jika digenggam terlalu erat, terlalu memiliki maka hubungan itu akan terlepas dan hilang.

Setelah beberapa lama kau akan mengerti perbedaan tipis antara menggandeng tangan dan membelenggu jiwa. Dan kau akan mengerti bahwa cinta bukan berarti bersandar dan teman bukan berarti aman. Dan kau mulai mengerti bahwa ciuman bukanlah kontak dan hadiah bukanlah janji.

Dan kau mulai menerima kekalahanmu sambil mengangkat kepada dan membuka mata, dengan kelapangan dada seorang dewasa, bukan kesedihan seorang anak kecil. Dan kau akan belajar membangun semua jalanmu hari ini, karena tanah hari esok sangat tidak pasti, sulit direncanakan.

Setelah beberapa lama kamu mengerti, bahwa sinar mentari pun akan membakarmu kalau berlebihan. Jadi, tanamilah kebunmu dan hiasilah jiwamu. Jangan menunggu orang lain membawa bunga untukmu. Dan kau akan mengerti bahwa kau bisa bertahan, bahwa kau sebenarnya kuat dan k au sebenarnya berharga.

Tentang Persahabatan

Ada orang yang masuk kedalam hidup kita dan berlalu dengan cepat. Ada yang tinggal beberapa lama dan menginggalkan jejak dalam hati kita. Dan diri kita pun tak akan pernah sama seperti sebelumnya.

Bersahabat dengan seseorang itu membutuhkan banyak pengertian, waktu dan rasa percaya. Dengan semakin dekatnya masa hidupku yang tak pasti, teman-temanku adalah hartaku yang paling berharga.

Tidak ada komentar: