Jumat, 29 Februari 2008

batu wanita bijaksana

Batu Wanita Bijaksana

Adalah seorang wanita bijak yang sedang melancong di sebuah pegunungan menemukan sebuah batu berharga di aliran sungai. Hari berikutnya si wanita berjumpa dengan orang pelancong lain yang kelaparan, dan si wanita itu membuka tasnya untuk berbagi makanan. Si pelancong yang kelaparan melihat batu berharga di dalam tas si wanita bijak, mengaguminya, dan minta agar si wanita bijak mau memberikan batu itu kepadanya. Si wanita bijak melakukannya tanpa ragu.

Si pelancong berlalu, merasa gembira karena keberuntungannya. Ia tahu berlian itu cukup berharga sehingga sepanjang sisa hidupnya ia kini terjamin.

Tetapi beberapa hari kemudian ia kembali, mencari si wanita bijak. Ketika ia menemukan wanita itu, dikembalikannya batu itu sambil berkata, “Saya terus menerus merenung. Saya tahu betapa berharganya batu ini, tetapi saya kembalikan batu ini kepadamu dengan harapan kamu bisa memberikan pada saya sesuatu yang lebih berharga. Jika kamu bisa, berikanlah kepada saya apa yang kamu punya di dalam dirimu yang menyebabkan kamu bisa memberikan batu ini.”

Tidak ada komentar: